SILABUS SEMESTER GENAP PROGRAM STUDI KEUANGAN & PERBANKAN FAKULTAS EKONOMI UNIKOM

 

SILABUS

SEMESTER VI

 

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah : Komputer Aplikasi Bank VI
Kredit : 2  SKS
Semester : VI (Genap)
Tingkat : III
Program Studi : D III
Jurusan : Keuangan & Perbankan

 

 

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Mata Kuliah ini mempelajari aplikasi SPSS untuk komputasi statistik yang menunjang pembuatan TA dan Skripsi  dengan menggunakan teknik-teknik analisis statistik yang bersifat non-parametrik dan parametric.

 

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL

Setelah menyelesaikan mata kuliah mhasiswa diharapkan damapat mengoperasikan aplikasi SPSS dengan benar, dapat menggunakan teknik-teknik analisis yang diterapkan dalam penulisan Tugas Akhir dan Skripsi, dapat mengaplikasikan teknik-teknik analisis statistik kedalam masalah-masalah yang berkaitan dengan penghitungan statistik dalam proses belajar.

 

  1. METODE PERKULIAHAN

 

Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah ceramah, praktrk dan tanya Jawab.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN

 

  • Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS
  • Bobot Penilaian

 

 

 

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

 

  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu ke Materi Perkuliahan Referensi
1. JUDUL ;

Memulai SPSS

–            Cara menjalankan SPSS,

–            Mendesain dan meberi nama variabel dengan menentukan nama, nilai, skala pengukuran

–            Memberikan latihan dengan mempraktekkan teori

2. Distribusi Frekwensi :

–            Explore, Deskriptive dan tabulasi, median, mean, standar deviasi, nilai minimum, maximum dan tabulasi silang beberapa variabel

–            Praktek

BW

BA

3. Korelasi non parametrik :

–            Gamma, Sommers, Kendal dan Spearman

–            Mengukur besaran korelasi dua variable berskala ordinal, signifikasi hubungan dan uji hipotesa

–            Praktek

BW

BA

4. Korelasi parametrik :

–            Korelasi parametrik Pearson, mengukur besdaran korelasi dua variabel berskala interval, signifikasi hubungan uji hipotesa

–            Praktek

BW

BA

5. Uji T :

–                 Uji T sampel bebas

–                 Membandingkan rata-rata dua populasi yang berbeda dengan mengguanakn variabel berskala interval

–                 praktek

BW

BA

6. Uji T sampel berpasangan ;

–                    Membandingkan rata-rata satu populasi dengan dua kondisi yang berbeda yang mempunyai variabel berskala interval

BW

 

7. One Way Annova :

–                 Membandingkan rata-rata tiga populasi atau lebih dengan mengguanakan variabel berskala interval

–                 Praktek

BW
8. UJIAN TENGAH SEMESTER
9. Regresi I :

Regresi linier sederhana

–       Mengukur prediksi besarnya variabel tergantung dengan menggunakan variabel bebas berskala interval atau ratio untuk satu variabel bebas dan satu variabel tergantung dengan persamaan matematia : Y= a+ bx

–       Praktek

BW
10. Regresi II ;

–       Regresi liniert Ebrganda, mengukur dan memprediksi besarnya variabel tergantung dengan mengguanakan variabel bebas berskala interval atau ratio untuk 2 variabel bebas dan 1 variabel tergantung dengan persamaan matematis : Y = a+ bx

–       Praktek

BW
11. Regresi III ;

–          Regresi dengan Dummy variabel,

–          Menghitung besarnya pengaruh variabel bebas berskala nominal terhadap variabel tergantung berskala interval

–       Regresi Berganda Binner, memprediksi besarnya variabel tergantung binner (berskala nominal dengan mengguankan variabel bebas berskala interval

BW
12 Time Series :

–          Time series dengan mengguankan metode Simple dan Seasonal Docomposition

–          Membuat metode peramalan yang akan datang dengan mengguanak data lalu

–          Praktek

13. Analisa kluster :

–          Membuat kluster yang mempunyai karakteristik yang sama sehingga terjadi pengelompokkan kluster yang berbeda satu dengan yang lain.

–          Praktek

BW
14. Analisa faktor :

–          Mengidentifikasi faktor-faktor yang dominan yang akan dijadikan variabel predictor berskala interval dan diukur besarnya pengaruh terhadap variabel bergantung

–          Praktek

BW
15. Analisa diskriminan :

–          Mengidentifikasi kepentingan relatif variabel-variabel ttn dengan cara menganalisis variabel berskala kategorial dan variabel bebas erskala interval

–       Analisa faktor

–       praktek

16. Ujian Akhir Semester

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

REFERENSI:

  1. Buku Wajib : 1. Sarwono Jonathan (2005). SPSS ; teori dan latihan, Bandung, penerbit DSU
  2. Sarwono Jonathan (2003), metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: lembaga Penelitian Universitas Komputer indonesia

2.Buku Acuan    : 1.Santosa, Singgih.920000.SPSS: Mengolah data Statistik profesional. Jakarta; PT Elex Media Komputindo

2.Siagian, Dergibson dan Sugiarto.(2000). Metode Statistika untuk Bisnis dan ekonomi. Jakarta; PT Elex Media Komputindo

 

VIII.    MEDIA YANG DIPERLUKAN PESERTA KULIAH

1..Modul, buku Wajib

  1. lab komputer

SILABUS

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Lalu Lintas Pembayaran Dalam & Luar Negeri
Kredit : 3 SKS
Semester : VI (Genap)
Tingkat : III
Program Studi : D3
Program Studi : Keuangan dan Perbankan

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Mata kuliah ini memberikan gambaran dan pemahaman dasar dalam mempelajari transaksi perdagangan internasional (ekspor-impor) dan mempelajari bagaimana bank memfasilitasi dan menjadi lembaga intermediasi pembayaran untuk memperlancar transaksi perdagangan internasional

 

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL

Setelah menyelesaikan mata kuliah Lalu Lintas Pembayaran Dalam dan Luar Negeri, mahasiswa akan dapat menjelaskan dan memahami mekanisme perdagangan ekspor impor dan memahami teknis pembayaran transaksi perdagangan internasional melalui intermediasi perbankan

 

  1. METODE PERKULIAHAN

Materi perkuliahan Lalu Lintas Pembayaran Dalam dan Luar Negeri diberikan dalam bentuk ceramah dan simulasi didalam kelas.  Perkuliahan akan membahas seluruh teori dan penerapan yang ada serta penugasan kepada setiap peserta kuliah berupa latihan soal. Tugas yang dikumpulkan akan dinilai sesuai dengan  ketentuan yang berlaku dan dibahas didalam kelas.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN
  • Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS
  • Bobot Penilaian

 

 

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu ke Materi Perkuliahan Referensi
1. Pendahuluan

1.      Ruang Lingkup perdagangan Dalam Negeri dan Luar Negeri

2.      Ekspor dan Impor

BW & BA
2 Sistem Moneter Internasional

1.      Sejarah sistem moneter internasional

2.      Sistem Penetapan kurs

3.      Sistem Moneter Eropa

4.

BW & BA
3 Bank Internasional

1.      Globalisasi Perekonomian Dunia

2.      Strukturisasi Versus Intermediasi

3.      Bank Asing

4.      Eurobank dan Eurodollar

5.      Hubungan pasar domestik dengan pasar internasional

6.      Internasional Bank Facilities

BW & BA
4 Pendanaan Ekspor dan Impor

1.      Teknik-teknik pendanaan

2.      Letter of Credit

3.      Draft

4.      Akseptasi Bank

5.      Dokumen lainnya

6.      Factoring

7.      Contrentrade

BW & BA
5 Letter Of Credit

1.      Pengertian Letter of Credit

2.      Jenis-jenis kredit berdokumen

3.      Ketentuan Letter of Credit

4.      Prosedur pembukaan Letter of Credit

BW & BA
6 Dokumen Ekspor-Impor

1.      Commercial Invoice

2.      Dokumen Pengangkutan

3.      Draft

4.      Dokumen Asuransi

BW & BA
7 Dokumen Ekspor-Impor

1.      Dokumen Pendukung

2.      Endorsemen & Akseptasi

3.      Jenis-jenis pembayaran

BW & BA
8 Ujian Tengah Semester (UTS)
9 Perdagangan Impor

1.      Pengertian Impor

2.      Syarat-syarat Impor

3.      Biaya Pengangkutan, Risiko dan Asuransi

4.      Prosedur Impor

BW & BA
10 Risiko Perdagangan Impor

1.      Jenis-jenis risiko

2.      Penanggulangan risiko

3.      Asuransi Pengangkutan

BW & BA
11 Perdagangan Ekspor

1.      Pengertian Ekspor

2.      Mekanisme Ekspor

3.      Standar Harga dan Pajak

4.      Fasilitas Bank Devisa

BW & BA
12 Futures dan Opsi Valuta Asing

1.      Futures

2.      OPSI Valuta Asing

3.      OPSI Atas Futures

BW & BA
13 Asuransi Ekspor-impor

·         Jenis-jenis asuransi perdagangan

·         Kondisi Asuransi dan pertanggungan

BW & BA
14 Manajemen Eksposure Transaksi

1.      Risiko dan Eksposur

2.      Jenis-jenis Eksposur

3.      Hedging

BW & BA
15 Teknik Hedging Ekspor-impor

1.      Hedging melalui Produk

2.      OPSI

3.      Perbandingan Forward & OPSI

4.      Money Market Hedging

5.      Pengalihan risiko

6.      Netting Eksposure

BW & BA
16. Ujian Akhir Semester

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

Buku Wajib      :

  1. Lalu Lintas Pembayaran Dalam & Luar Negeri – Thomas Suyatno.
  2. Pembayaran Transaksi Luar Negeri – Drs. Ruddy Tri S., MM.

Buku Anjuran   :

  1. Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran – Tulus Tambunan.
  2. Ekspor-Impor – Amir MS

 

VIII.    MEDIA YANG DIPERLUKAN PESERTA KULIAH

 

  1. Buku Catatan
  2. Buku Tugas

 

 

 

 

SILABUS

 

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah : Praktikum Perpajakan
Kredit : 3 SKS
Semester : VI (Genap)
Tingkat : III
Program Studi : D III
Jurusan : Keuangan & Perbankan

 

 

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Mata Kuliah ini mempelajari. Difinisi dan Unsur Pajak, Fungsi Pajak, Syarat Pemungutan Pajak, Teori-teori Yang Mendukung Pemungutan Pajak, Kedudukan Hukum Pajak, Materiil dan Formil, Pengelompokan Pajak, Tata Cara Pemungutan Pajak, Timbul Hapusnya Utang Pajak, Hambatan Pemungutan Pajak, Tarif Pajak

 

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL

Setelah menyelesaikan mata kuliah mhasiswa diharapkan dapat memahami tenytang pajak dan perhitungan pajak.

 

  1. METODE PERKULIAHAN

Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah ceramah, praktek perhitungan pajak baik pribadi maupun lembaga dan tanya Jawab.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN

 

  • Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS
  • Bobot Penilaian

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

 

 

 

  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu ke Materi Perkuliahan Referensi
1. Pengertian Dasar Perpajakan

1.         Difinisi dan Unsur Pajak

2.         Fungsi Pajak

3.         Syarat Pemungutan Pajak

4.         Teori-teori Yang Mendukung Pemungutan Pajak

5.         Kedudukan Hukum Pajak, Materiil dan Formil

 

2. Pengertian Dasar Perpajakan

1.        Pengelompokan Pajak

2.         Tata Cara Pemungutan Pajak

3.         Timbul Hapusnya Utang Pajak

4.         Hambatan Pemungutan Pajak

5.         Tarif Pajak

 

3. Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan :

1.         Pengertian dan Istilah-istilah

2.         Tahun Pajak

3.         Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

4. Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan

1.      Surat Tagihan Pajak ( STP )

2.         Keberatan a Banding

3.         Daluarsa Penagihan Pajak

4.         Pemeriksaan Pajak, Penyedikan, Sensasi Pajak

 

5. Surat Pemberitahuan ( SPT ) :

1.         Pengertian

2.         Fungsi

3.         Prosedur

4.         Pembetulan

5.         Jenis

6.         Batas Waktu Penyampaian

 

6. Pajak Penghasilan ( PPh ) UU. No.17 Tahun 2000

1.         Subjek Pajak

2.         Objel Pajak

3.         Pengecualian

4.         Objek Pajak Yang Ditunda/Final

5.         Pengurangan Yang Diperkenankan

6.         Penghasilan Istri/Wanita Kawin

 

7.      Praktek

 

7. Praktek Perhitungan Pajak (tugas kasus)
8. UJIAN TENGAH SEMESTER
9. PPh Lanjutan PPh Pasal 21 :

1.         Pemotong

2.         Wp PPh 21

3.         Kewajiban dan Pengecualiannya

4.         Objek Pajak

5.         PPh 21 dan Pengecualiannya

6.         Pengurangan Yang Diperbolehkan dan Perhitungan PPh 21

7.         Tarif dan Penempatannya

8.         Praktek

 

10. PPh Pasal 22, 23, dan  24

1.         Pengertian

2.         Pemotongan

3.         Dasar Pemotongan

4.         Perhitungan

5.         Tarif

6.         Cara-cara Pemotongan

7.         Pengertian PPh 23,24

8.         Praktek

 

11. PPh Pasal 25,26

1.         Dasar Perhitungan

2.         Tata Cara

3.         PPh bagi WP (Orang Pribadi)

4.         Pengertian Orang Pribadi

5.         Tarif

6.         Pemotong

7.         Perhitungan

8.         PPh 25 Yang Tak Bersifat Final

 

12 PPn dan PPn BM ( Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Barang Mewah )

1.         Pengertian

2.         Pengukuhan Pajak

3.         Objek PPn dan PPN BM

4.         Tarip

5.         Penghilangan PPA dan PPn BM

6.         Soal dan Tempat Terutang BKP dan JKP

7.         Faktur Pajak

 

13. Pajak Buni dan Bangunan  (PBB) UU No. 12 Tahun 1994

1.         Terminologi

2.         Subjek Pajak

3.         Objek Pajak

4.         NJOPTKP

5.         Dasar Perhitungan Pajak SPOPSPPT

6.         Tata Cara Penagihan

7.         Pembayaran Pajak

14. Pajak Buni dan Bangunan (PBB) UU NO. 12 Tahun 1994

1.         Keberatan dan Banding Pengurangan Pajak Hutang

2.         Kewajiban

3.         Pejabat Berhubungan Objek Pajak Sanksi

15. Pajak Bea Materei

1.      Terminologi Pajak

2.      Bea Materai Objel Pajak

3.      Pengecualian Tarif

4.      Praktek perhitungan pajak

16. Ujian Akhir Semester

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

  1. II. Buku Bacaan / Wajib ( BW )
  1. Dr Mardiasmo, M.BA., Ak., Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2002, Yogyakarta, 2002
  2. Undang- undang Perpajakan Tahun 2000
  3. Buku Bacaan / Anjuran ( BA )
  4. Santoso Brotodiharjo, SH., Pengantar Ilmu Hukum Pajak, Bandung, 1989
  5. Dr.Rahmat Soemitro, Dasar-dasar Hukum Pajal Pendapatan, Bandung, 1994
  6. Sujana, Perpajakan Tentang PPh Teori-teori dan Aplikasi. 1998

 

 

VIII.    MEDIA YANG DIPERLUKAN PESERTA KULIAH

1.Modul, buku Wajib

2.Kalkulator

  1. Buku latihan

SILABUS

 

  1. IDENTITAS MATA KULIAH
  1. Nama Mata Kuliah      :  ANIMASI
  2. Jurusan                        : Keuangan & Perbankan
  3. Semester                      : Ganjil
  4. Bobot SKS                  : 2 SKS

 

 

  1. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

 

SetelahmenyelesaikanmatakuliahAnimasi, mahasiswaakandapatmeningkatkanPengetahuan di bidang animasi, memperluaspemahaman, menambahwawasandi bidang animasi.

 

  • TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

 

SetelahmenyelesaikanmatakuliahAnimasi, mahasiswadapatmembuat animasi dasar dengan software 3D blender, memahami konsep modeling dengan baik, dan memahami prinsip-prinsip animasi.

 

  1. METODE PERKULIAHAN

 

  1. Praktikumdantanyajawab
  2. Quiz
  3. Tugas
  4. Diskusi

 

 

  1. NILAI AKHIR

 

NA = 10 % KEHADIRAN + 25 % TUGAS + 25 % UTS + 40 % UAS (PROPOSAL BISNIS)

 

NILAI INDEKS PREDIKAT
80≤NA≤100 A Lulus, sangatbaik
68≤NA≤79 B Lulus, baik
56≤NA≤67 C Lulus, cukup
45≤NA≤55 D Lulus, kurang
0≤NA≤44 E Tidak lulus

 

 

 

SILABUS

MATA KULIAH :ANIMASI

 

PertemuanKe Materi
1. Pengertian Animasi,Sejarah Animasi,Jenis Animasi, Fungsi Animasi,Contoh Animasi ,Alur produksi Animasi (animationpipeline).
2. Pengatar Penulisan Skenario, 6 Tahapan Pembuatan Cerita, Deskripsi Karakter, Alur, Plot dan Setting, Teknis Penulisan Skenario, Struktur 3 Babak (Three Act Structure).
3. Interface 3D blender
4. Modeling Basic 1 : Pemahaman tentang tipeseleksidan tools apasaja yang digunakanpada proses modeling danpenerapannya pada modeling sederhana seperti meja & kursi.
5. Modeling basic 2 : Memahami danmembuat model organik/ buah buahan sesuaigambarrancanganataugambarreferensi .
6. Modeling basic 3 : Memahami danmembuat model rumah / arsitektur sederhana sesuaigambarrancanganataugambarreferensi .
7. Rigging dasar 1
8. UTS
9. Riging dasar 2
10. Animasi 1 : Membuat animasi dasar dengan 3d Blender
11. Animasi 2 :  Bounching Ball
12. Animasi 3 : Pendulum
13. Lighting & shading
14. Rendering
15. Compositing
16. UAS

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    1

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                                   : Setelah menyelesaikan matakuliah Pengenalan Animasi, mahasiswa diharapkan dapat memahami sejarah animasi dan pipeline dari sebuah proses produksi animasi dari mulai tahap Pre produksi sampai post produksi.

 

  1. POKOK BAHASAN :   Pengenalan Animasi

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengertian Animasi

– Sejarah Animasi

– Jenis Animasi

– Fungsi Animasi

– Contoh Animasi

– Alur produksi Animasi (animation pipeline)

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.    Menjelaskan kepada mahasiswa apa yang akan dipelajari selama perkuliahan Animasi I Mendengarkan Big Screen 15 BAB I Modul Animasi
Penyajian 2.    Menjelaskan kepada mahasiswa pengertian animasi

3.    Mnjelaskan kepada mahasiswa sejarah animasi

4.    Menjelaskan kepada mahasiswa jenis animasi

5.    Menejelaskan kepada mahasiswa fungsi animasi.

6.    Menjelaskan kepada mahasiswa contoh animasi.

7.    Menjelaskan kepada mahasiswa alur produksi animasi.

Mendengarkan Big Screen 65
Penutup 8.    Menyimpulkan materi perkuliahan yang disampaikan dan praktikum yang dilakukan.

9.    Bertanya-jawab tentang pengenalan animasi

10.                 Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

Mendengarkan dan berkomentar/bertanya Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Sebutkan dan jelaskan proses pembuatan animasi

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    2

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Animasi, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar pembuatan cerita, skenario dan deskripsi karakter.

 

  1. POKOK BAHASAN :  PenulisanSkenario (Scriptwriting)

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengatar Penulisan Skenario

– 6 Tahapan Pembuatan Cerita

– Deskripsi Karakter

– Alur, Plot dan Setting

– Teknis Penulisan Skenario

– Struktur 3 Babak (Three Act Structure)

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.   Menjelaskanpengantar penulisan skenario dan fungsi skenario dalam pembuatan animasi.  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 2 Modul animasi
Penyajian 2.   Menjelaskan6 Tahapan Pembuatan Cerita.

3.   MenjelaskanDeskripsi Karakter.

4.   MenjelaskanAlur, Plot dan Setting.

5.   MenjelaskanTeknis Penulisan Skenario.

6.   MenjelaskanStruktur 3 Babak.

7.   Sekilas tentang Storyboard.

 

Mendengarkan

Menonton Video

Big Screen 70
Penutup 8.   Menyimpulkanmekanisme pembuatan cerita dan skenario.

9.      Bertanya-jawab tentang penulisan skenario.

10.  Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang.

 

Mendengarkan

Berdiskusi

Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Buatlah satu buah cerita lengkap dengan deskripsi karakter (tonjolkan 1 karakter saja) yang ada dalam cerita tersebut!

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    3

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  SetelahmenyelesaikanmatakuliahAnimasi , Mahasiswa dapat memahami proses pembuatan animasi.

 

  1. POKOK BAHASAN : Interface

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengenalan Software Blender

– Jendela Kerja

– Tools

– Sistem Navigasi

– Memasukan Objek pada jendela kerja

 

 

 

 

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

 

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskan kepada mahasiswa mengenai software Blender 3D Mendengarkan Big Screen 10 Bab 3 Modul animasi
Penyajian 2.    Menjelaskan kepada mahasiswa, jendela kerja pada blender

3.    Menjelaskan kepada mahasiswa, tools yang ada di dalam sofware Blender.

4.    Menjelaskan kepada mahasiswa, sistem navigasi pada software blender

5.    Menjelaskan kepada mahasiswa cara memasukan objek pada jendela kerja.

Mendengarkan dan Praktek Big Screen 70
Penutup 6.    Menyimpulkan materi perkuliahan yang disampaikan dan praktikum yang dilakukan.

7.    Bertanya-jawab tentang pengenalan Interface

8.    Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

Mendengarkan dan berkomentar/bertanya Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Mahasiswa memahami cara kerja software blender.

 

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

Mata Kuliah                             :    ANIMASI

Sks                                           :    2SKS (2-0 jam)

Waktu Pertemuan                   :    2 X 45 Menit

Pertemuan                               :    4

Penanggung Jawab                 :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                                         :  Setelah menyelesaikan matakuliah modeling basic I, mahasiswa diharapkan dapat mengerti tentang pembuatan model sederhana pada proses animasi.

 

  1. POKOK BAHASAN :   modeling basic I

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

 

– Pemahaman tentang tipeseleksi yang digunakan untuk proses modeling.

– Pemahaman tentang tools untuk memodifikasi sebuah objek pada proses modeling

– Membuat model sederhana

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan
  1. Menjelaskan cakupan materi modeling basic
 

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 4 Modul Animasi
Penyajian 2.      Menjelaskantentang modeling basic

3.      MenjelaskantentangTipeseleksiapasaja yang adapadasaat modeling sepertivertex,edgedan Face

4.      Menjelaskantentang tools yang paling seringdigunakanpadasaat modeling sepertiextrude, loop cut and slide.

5.      Membuat modeling mejadankursisederhana.

6.      Memahami bentuk dasar sebelum proses modeling

o   Memulai proses modeling meja, dimulaidarimenskalacube .

o   Selanjutnyamasukketahapan Edit mode danmemberikan loop cut and slide lalumeng extrude setiap face yang akanmenjadi kaki meja..

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 7.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

8.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

9.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Buatlah sebuah kursi dengan sandaran yang sesuai dengan gambar referensi.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    5

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah modeling dasar2, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan modelingnya dengan mempelajari dan memahami bagaimana cara membuat modeling organik seperti buah-buahan.

 

  1. POKOK BAHASAN :   modeling basic 2

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Memahami dan membuat model sesuai gambarran canganatau gambar referensi .

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan
  1. Menjelaskan proses pembuatan model sesuaigambar yang sudahdisediakan
 

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 4 Modul Animasi
Penyajian 2.      Mereviewkembali tools yang telahdipelajarisebelumnyaseperti extrude danloopcutbesertafungsinya.

3.      Membuat modeling organiksepertibuahbuahan.

o   Memahami danmempersiapkangambarreferensi

o   Menjelaskancaramemasukangambarreferensike 3D view agar nantinyabisadipakaisebagaiacuan pad saat modeling.

o   Memulai proses modeling dengancaramenjiplakataumengikutigambarreferensi.

o   menggunakan modifier subdivision surface setelah model selesai agar permukaannyahalusatau smooth.

membuatpresentasisederhana agar tampilan model terlihatlebihbagus.

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 4.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

5.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

6.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akan datang

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Membuat model sesuai gambar referensi yang diberikan.

 

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    6

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                       : Setelah menyelesaikan matakuliah modeling dasar III, mahasiswa akan memahami dan membuat model bentuk arsitektur sederhana.

 

  1. POKOK BAHASAN : modeling basic III

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Membuat model sesuai dengan perencanaan yang lebih detail lagi .

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskan proses pembuatan model arsitektursederhana  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 4 Modul Animasi
Penyajian 2.      Menyiapkanbahansepertidenahdanreferensitataletaksebuahrumah.

3.      Memulaimembuatrumahsederhanasesuaidenah yang telahdisediakan.

o   Memasukandenah yang telahdisediakanke 3D view

o   Menjelaskantentangsatuan yang akandipakaidandisesuaikandenganukurandenah.

o   Memulaimembuat layout tembokdenganmengikutidenah yang telahdisediakan.

o   MembuatkusenjendeladanPintu

o   Membuatatapbesertagenteng

o   Memberikansentuhanakhirpadarumahdengancaramemberikan lighting..

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 4.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

5.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

6.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

  1. EVALUASI

Melanjutkanpembuatanobjek lain disekitarrumahsepertipekarangan, pagardanpohon.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI I

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    7

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Animasi I, membuat rigging sederhana untuk diaplikasikan pada benda.

 

  1. POKOK BAHASAN :    Rigging Dasar

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengenalan rigging

– Konsep dasar rigging

– Membuat rangkaian tulang

– Menempelkan objek pada tulang (Skinning)

– Menggerakan tulang

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskanpengertian dasar rigging

2.    Menjelaskan fungsi rigging

Mendengarkan Big Screen 10 BAB 5 Modul Animasi
Penyajian 3.    Menjelaskan cara membuat rigging

o  Menjelaskan kepada mahasiswa cara memasukan rigging ke jendela kerja.

o  Menjelaskan kepada mahasiswa 3 jenis jendela kerja pada proses rigging Object Mode, Edit Mode dan Pose Mode

o  Menjelaskan penamaan pada rigging.

o  Menjelaskan tools dan istilah yang digunakan pada proses rigging

o  Menjelaskan proses editing pada rigging.

4.      Menjelaskan proses skinning

o  Menjelaskan Relasi antara tulang dengan objek.

o  Menjelaskan cara merekatkan objek pada tulang dengan cara “Automatic Weights” dan “Bone”

5.      Menjelaskan penggunaan rigging pada karakter dan objek sederhana.

Mendengarkan dan Praktek Big Screen dan Komputer Lab 70
Penutup 6.    Menyimpulkan materi perkuliahan yang disampaikan dan praktikum yang dilakukan.

7.    Bertanya-jawab tentang proses rigging

8.    Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

Mendengarkan dan berkomentar/bertanya Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Buatlah rigging sederhana yang diaplikasikan pada objek atau karakter sederhana.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    8

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                                         :  Setelah menyelesaikan matakuliah Animasi I, mahasiswa dapat menggunakan tulang Human (Meta-Rig) untuk diaplikasikan pada karakter sederhana.

 

  1. POKOK BAHASAN : Rigging Dasar II

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengenalan Human (Meta-Rig)

– Merubah bentuk rigging Meta-Rig yang disesuaikan dengan karakter.

– Mengaplikasikan Meta-Rig pada karakter

– Memahami tools dan fungsi tulang pada Meta-RIg

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskan fungsi rigging Human (Meta-Rig) Mendengarkan Big Screen 10 BAB 5 Modul Animasi
Penyajian 2.    Menjelaskan cara mengaplikasikan Meta-Rig pada karakter.

o  Menjelaskan kepada mahasiswa cara memasukan rigging Human (Meta-Rig) ke jendela kerja.

o  Menjelaskan kepada mahasiswa proses penyesuaian Meta-Rig dengan karakter.

3.      Menjelaskan proses skinning

o  Menjelaskan cara Generate pada Meta-Rig.

o  Menjelaskan proses skinning objek dengan Meta-Rig

4.      Menjelaskan penggunaan Meta-Rig pada karakter.

o  Menjelaskan tools dan fungsi pada Meta-Rig.

Mendengarkan dan Praktek Big Screen dan Komputer Lab 70
Penutup 5.    Menyimpulkan materi perkuliahan yang disampaikan dan praktikum yang dilakukan.

6.    Bertanya-jawab tentang proses rigging menggunakan Meta-Rig

7.    Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

Mendengarkan dan berkomentar/bertanya Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Mengaplikasikan Rigging Meta-Rig pada karakter sederhana.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    9

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Membuat animasi dasar dengan 3D Blender, mahasiswa diharapkan dapat memahami 12 prinsip animasi dan praktikum asar pembuatan animasi dasar dengan software 3D blender

 

  1. POKOK BAHASAN : Membuat animasi dasar dengan 3d Blender

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– 12 Prinsip animasi

– Membuat animasi dasar dengan 3D Blender dengan perintah lokasi, skala dan rotasi.

– Membuat animasi objek otomatis dengan 3d blender

– Mengenal Dope sheet dan action editor pada 3d blender

 

 

 

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskan cakupan materi Pengenalan animasi  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 6 Modul Animasi
Penyajian 2.   Menjelaskan 12 Prinsip Animasi

3.   Menjelaskan proses pembuatan animasi dasar 3D Blender dengan perintah location, Rotation dan Scale.

4.   Menjelaskan proses animasi objek otomatis dengan 3d blender

5.   Menjelaskan fungsi Dope sheet dan action editor pada 3d blender

 

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 6.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

7.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

8.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

 

  1. EVALUASI

Buatlah animasi pergerakan sebuah kubus dari frame 1 sampai dengan frame 100 dengan gabungan lokasi, rotasi dan skala.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    10

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Membuat animasi dasar dengan 3D Blender, mahasiswa diharapkan akan lebih peka terhadap timing dan spacing, juga akan mengerti dengan baik tentang arc, ease in, ease out dan banyak lagi.

 

  1. POKOK BAHASAN : Animasi Bounching Ball

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pemahaman tentang Bounching ball

– Membuat animasi Bounching Ball dengan 3D Blender

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.    Menjelaskan cakupan materi Bounching Ball  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 6 Modul Animasi
Penyajian 2.   Menjelaskan pemahaman bounching ball

3.   Membuat animasi bounching ball dengan 3d Blender.

o   Menjelaskan Persiapan layout

o   Menjelaskan proses Membuat keyframe untuk animasi bouncing ball.

o   Menjelaskan Tweaking dengan curve editor dari mulai sumbu x, y, dan z.

 

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 4.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

5.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

6.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

  1. EVALUASI

Buatlah animasi pergerakan sebuah balon yang jatuh ke lantai, perhatikan timing dan berat dari balon tersebut.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :   ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    11

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Animasi, mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan menerapkan salah satu dari 12 prinsip animasi, yaitu follow through dan overlaping.

 

  1. POKOK BAHASAN : Animasi Pendulum

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pemahaman tentang Animasi Pendulum

– Membuat animasi Pendulum dengan 3D Blender

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.    Menjelaskan cakupan materi Animasi Pendulum  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 6 Modul Animasi
Penyajian 2.   Menjelaskan pemahaman Pendulum

3.   Membuat animasi Pendulum dengan 3d Blender.

o   Menjelaskan Persiapan file & layout

o   Menjelaskan proses Membuat keyframe untuk animasi Pendulum.

o   Menjelaskan tentang pembuatan follow through dan overlaping pada ekor pendulum.

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 4.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

5.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

6.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

  1. EVALUASI

Buatlah animasi pergerakan sebuah platform pendulum dari kanan ke kiri, lalu ke atas dan kemudian berhenti.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    12

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Lighting mahasiswa diharapkan memahami akan dasar penerapan lighting / proses pencahayaan yang sangat penting pada proses animasi.

 

  1. POKOK BAHASAN : Lighting

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Memahami jenis lampu apa saja yang tersedia pada program Blender 3D dan penerapannya pada setiap scene yang dipakai .

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskantentangteorilighting,sepertijenislampu,kegunaanyadanpenerapannya.  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 7 Modul Animasi
Penyajian 2.      MembahassetiapLampu yang tersediapada program blender 3D..

o   Memahami semua option yang tersedia di masingmasinglampu.

o   mempraktekansetiaplampusesuaikegunanannya

o   mempraktikan point lamp pada scene yang telahdisediakan

o   mempraktikan spot light pada scene yang telahdisediakan.

mempraktikan sun lamp padascne yang telahdisediakan

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 3.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

4.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

5.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

  1. EVALUASI

Melanjutkanlatihan yang diberikanpadamahasiswa.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    13

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                 :  Setelah menyelesaikan matakuliah Rendering mahasiswa diharapkan mengerti dan memahami proses apasaja yang ada pada tahapan rendering dan menerapkannya pada pembuatan animasi.

 

  1. POKOK BAHASAN : Rendering

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Memahami Option apasaja yang tersediapada Tab Render dan pengaplikasiannya pada scene yang telah di sediakan

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskantentangteori rendering ,seperti Option dimension, shading dan Output  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 8 Modul Animasi
Penyajian 2.   Membahastentang option yang harusdiperhatikansaat proses rendering.

o   memahamitentang render single image dan sequence

o   membahastentang dimension

o   membahastentang Output apasaja yang biasanyadigunakan

o   mempraktekannyapada file latihan

 

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 3.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

4.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

5.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Melanjutkanlatihan yang diberikanpadamahasiswa.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    14

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Memahamikonsep Compositing

 

  1. POKOK BAHASAN : Compositing

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

–  Konsep

–  Pengenalan Software

–  Compositing Dasar

–  Rendering

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.    Menjelaskankonsepmelakukan compositing  

Mendengarkandanmenonton video yang termasukkedalam compositing

 

 

Big Screen 20 BAB 9 Modul Animasi
Penyajian 2.   Software yang digunakan

3.   Praktik Compositing Dasar

4.   Praktik Rendering

 

Praktikum Big Screen

Komputer

60
Penutup 5.   Menyimpulkanpenggunaan Compositing

6.   Bertanya-jawab tentang Compositing

 

 

Tanya-jawab Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Jelaskantentangkonsepdan proses compositing danperbedaannyadengan editing