SILABUS SEMESTER GANJIL PROGRAM STUDI KEUANGAN & PERBANKAN FAKULTAS EKONOMI UNIKOM

 

SILABUS

SEMESTER V

 

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah                        :Komputer Aplikasi Bank V(E-Commerce)

Kredit                                            : 2 (Dua) SKS

Waktu Pertemuan                         : 90 menit

Semester                                        : V

Tingkat                                          : III

Program Studi                               : DIII

Jurusan                                          : Keuangan dan Perbankan DIII

 

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas mengenai e-commerce yang meliputi elemen-elemen dasar dalam pembuatan perdagangan elektronik, yaitu komputer yang meliputi hardware dan software; Internet yang mencakup sejarah dan cara kerjanya; teknologi World Wide Web dengan cara kerjanya; model-model e-business; cara-cara promosi secara online; transaksi online; etika dan masalah hukum perdagangan dalam Internet.

 

  • TUJUAN INSTRUKSIONAL

Tujuan instruksional khusus mata kuliah ini ialah agar para mahasiswa dapat memahami serta mengetahui konsep-konsep dasar yang melandasi e-commerce dalam dunia Internet yang meliputi diantaranya:

  • Pengenalan perangkat keras dan lunak dalam komputer
  • Elemen-elemen dan cara kerja Internet
  • Elemen-elemen dan cara kerja teknologi World Wide Web
  • Mengenal model-model perdagangan dalam dunia Internet (E-Business)
  • Mengerti teori melakukan promosi secara online.
  • Mengerti teori melakukan transaksi secara online
  • Mengerti etika dan aspek hukum e-business

 

Sedang tujuan instruksional umum ialah agar mahasiswa dapat:

  • Membuat konsep untuk melakukan kegiatan perdagangan di Internet
  • Mengaplikasikan teori-teori e-commerce ke dalam kasus-kasus perdagangan elektronik di Internet.
  • Membuat desain web site untuk melakukan perdagangan dalam dunia Internet
  • Membuat model-model bisnis secara online
  • Melakukan promosi secara online dengan memanfaatkan sumber daya Internet, seperti Search Engines, Web Sites, Email, Mailing List dan News Group
  • Melakukan tranksaksi secara online secara aman

 

 

  1. METODE PERKULIAHAN

Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini ialah ceramah, praktik dan Tanya jawab. Ceramah diberikan sekitar 10 menit sebagai pengantar dan untuk menerangkan teori mengenai satu pokok bahasan yang akan dipraktikan oleh mahasiswa. Ceramah berikutnya dilakukan untuk menerangkan hasil yang sudah dikerjakan  oleh mahasiswa disertai tanya jawab mengenai hal-hal yangt idak diketahui oleh para mahasiswa.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN

Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS

‘Bobot Penilaian

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu Kegiatan Dosen Referensi
I JUDUL

Pendahuluan

 

SUB JUDUL

·         Definisi dan Pengertian

·         Elelemen Dasar E Commerce:

·         Komputer CPU, Input, Output, ALU dan Memory

·         Bahasa Pemrograman Client dan Server: HTML, PHP, MySql

·         Internet

·         Browser

·         Teori Pemasaran

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

II JUDUL

Komputer

 

SUB JUDUL

·         Hardware: PC, Servers, Communication Media, Storage Area Network (SAN),

·         Software: Application Service Provider, Operating Systems dan Databases

·         Membangun Web Site: Konstruksi, Domain, dan  Hosting

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

III JUDUL

Internet

 

SUB JUDUL

·         Sejarah dan cara kerja Internet meliputi jaringan global, perjalanan informasi di Internet, Internet address dan domain, cara kerja TCP dan IP, anatomi koneksi web dan file types

·         Arsitektur yang Melandasi Internet

·         Koneksi ke Internet: Koneksi ke Internet Provider, Digital Subscriber Lines (DSL), Broadband, Integrated Services Digital Network (ISDN), Wireless, WebTV, Wifi

·         Berkomunikasi di Internet: Email, Newsgroup, Mailing List, Chatting, Instant Messaging , VOIP, Email Spam

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

 

 

 

 

 

 

IV JUDUL

World Wide Web

 

SUB JUDUL

·         Sejarah

·         Cara kerja halaman-halaman WWW

·         Cara kerja Browsers

·         Cara kerja Markup Languages

·         Cara kerja Hypertext

·         Cara kerja URL

·         Cara kerja Web Host Servers

·         Cara kerja Web berbasis Database

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

V JUDUL

Model-Model  E-Business 1

 

SUB JUDUL

Model-Model perdagangan elektronik:

·         Pendahuluan

·         Storefront Models

·         Auction Model

·         Portal Model

·         Dynamic Pricing Model

 

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

VI JUDUL

Model-Model  E-Business 2

 

SUB JUDUL

·         B2B Exchanges

·         B2B Service Provider

·         Online Trading and Lending Models

·         Online Loan

·         Online Recruitment

·         Online News Services

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

VII JUDUL

Model-Model  E-Business 3

 

SUB JUDUL

·         Online Travel Services

·         Online Entertainment

·         Online Automotive Site

·         Online Energy

·         Selling Brainpower

·         Online Art Dealers

·         E Learning

·         Click and Mortar Business

 

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

VIII UTS
IX JUDUL

Internet Marketing 1

 

SUB JUDUL

·         Konsep Dasar

·         Menentukan tujuan

·         Internet Marketing Research

·         Esensi Desain Web Site

·         Model-Model Internet Marketing di Internet: Email Marketing, E Business Advertising, Web casting dan Interactive Advertising

 

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

X JUDUL

Internet Marketing 2

 

SUB JUDUL

·         E-Business Public Relation

·         Customer Relationship Management (CRM): Melacak pengunjung dan membuat elemen-elemen yang menarik pengunjung kembali ke web site perusahaan

·         B 2 B Marketing on the Web

 

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

XI JUDUL

Internet Marketing 3

 

SUB JUDUL

·         Search Engines: Pemahaman Karaketristik Search Engines, Meta Search Engines dan Directories

·         Search Engines Registration

·         Teknik-Teknik Submission: Meta Tags; Signifikansi URL; Desain Web; Penggunaan Tables, Frames, dan Image Maps; dan Key Words

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

XII JUDUL

Internet Marketing 4

 

SUB JUDUL

·         Partnerships dalam bentuk Affiliation:

o   Increase Traffic

o   Commission Based

o   Flat Free Referral Program

o   Click Through Program

o   Viral Marketing

o   Web Ring

o   Web Casting

·         Strategi membuat afiliasi:

o   Mirror Sites

o   Tracking

o   Purchasing  Affiliating Tracking Software

·         Web Traffic Analysis

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

 

 

 

 

 

XIII JUDUL

Online Monetary Transaction

 

SUB JUDUL

·         Transaksi Credit Card

·         E – Wallets

·         Alternate Consumer Payment Options

·         Digital Currency

·         Peer to Peer Payment

·         Smart Cards

·         Micro-payments

·         B2B Transaction

·         E Billing

·         Online Banking: WWW dan Handphone

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

 

 

XIV JUDUL

Legal, Ethical and Social Issues

 

SUB JUDUL

·         Privasi di Internet: Hak dan Privasi, Internet dan Hak Privasi Individu, Tracking Devices, Cookies, Pegawai dan Pemilik

·         Isu-Isu Hukum: Defamation, Sexual Abuse, Children and Internet, Methods of Regulation, Intellectual Property Right, Trademark dan Domain Name, Unsolicited Commercial e –mail (SPAM), Online Auctions, Online Contracts

·         Isu Sosial: Komunitas Online, Akitivitas Online, Disabilities

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

 

 

 

 

XV JUDUL

Computer and Network Security

 

SUB JUDUL

·         Ciphers dan Cryptosystems

·         Secret – Key Cryptography

·         Public – Key Cryptography

·         Key Agreement Protocols

·         Key Management

·         Digital Signatures

·         Public Key Infrastructures, Certificates dan Certificates Authorities

·         Cryptanalysis

·         Security Protocols: Secure Sockets Layer (SSL), Secure Electronic Transaction (SET)

·         Security Attacks

·         Network Security: Firewalls, Kerberos dan Biometrics

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

Sarwono, Jonathan dan Suryana, Taryana . (2007). Ecommerce dengan PHP . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

 

 

 

 

 

 

 

XVI UAS

 

 

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

 

REFERENSI:

  1. Buku Wajib :

 

Deitel dan Neito. (2001). E-Business and E C-Commerce. How To Program. New Jersey: Prentice Hall

 

Sarwono, Jonathan. (2006). Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

 

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah : Praktikum Analisa Laporan Keuangan
Kredit : 2  SKS
Semester : V (Ganjil)
Tingkat : III
Program Studi : D III
Jurusan : Keuangan & Perbankan

 

 

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Praktikum Analisa Laporan keuangan menjelaskan tentang bagaimana menilai kewajaran sebuah laporan keuanagan yang dibuat oleh Accounting. Hal yang penting analisa laporan keuangan akan memberikan informasi kepada perusahaan atau bank untuk melihat perkembangan usahanya.

 

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL

Setelah menyelesaikan mata kuliah mhasiswa diharapkan dapat mengetahui bagaimana menganalisis atau menilai laporan keuangan bank sehingga bank tersebut bisa dikategorikan bank yang sehat atau tidak.

 

  1. METODE PERKULIAHAN

Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah ceramah, praktrk dan tanya Jawab.serta penyelesain kasus.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN

 

  • Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS
  • Bobot Penilaian

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

 

 

  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu ke Materi Perkuliahan Referensi
1. JUDUL ;

Pendahuluan :

–        Akuntansi dan laporan keuangan

–          Pihak yang berkepentingan

–          Laporan keuangan bank

–          Persiapan analisa

2. Teknik Analisa laporan Keuangan :

–  Analisa komparatif (trend Analisis dan Common size analisis)

BW Bab 2

BA bab 1

3. Teknik Analisis Laporan keuangan ;

–          Analisa bank Environment

BW Bab 2

BA Bab 2

4. Teknik Analisa laporan keuangan :

Analisa Break Event point

BW Bab 3

BA Bab 3

5. Teknik Analisa laporan Keuangan :

Analisis Variansi

BW Bab 3

BA  Bab 3

6. Teknik Analisa laporan keuangan ;

Suistanable rate of Growth

BW Bab 3

 

7. Teknik Analisis laporan keuangan ;

Analisis CAMEL

BW Bab 3
8. UJIAN TENGAH SEMESTER
9. Analisa laporan keuangan :

Analisis Ratio Likuiditas

BW Bab 4
10. Analisa laporan Keuangan ;

Analisis Solvabilitas

BW Bab 4
11. Analisa laporan keuangan :

Analisis Rentabilitas

BW Bab 4
12 Analisa Laporan keuangan :

–          Analisa EIR

–          The Optimal Capital Mix Analysis

13. Analisa Laporan keuangan :

–        Temporary Investment Analysis

–       Analisa Pemilihan Investasi

BW Bab 4
14. Analisa Laporan Keuangan :

Analisis Indeference point dalam financing mix

BW Bab 4
15. Analisa laporan Keuangan :

–          Analysis the yield on the credit

–            Analisa penetapan harga jasa perbankan

16. Ujian Akhir Semester

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

REFERENSI:

  1. Buku Wajib : 1. Teguh Pudjo Mulyono, Analisa laporan Keuangan, 1995

2.Buku Acuan    :

 

VIII.    MEDIA YANG DIPERLUKAN PESERTA KULIAH

1..Modul, buku Wajib

  1. buku latihan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

 

 

I.  IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah             : Bank Syariah

Kredit                                 : 2 (dua) sks

Semester                             : V

Tingkat                               : III

Program Studi                    : Keuangan Perbankan D-3

 

 

 

II.  DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Prinsip-prinsip Akad transaksi dalam operasional Bank syariah meliputi dua bagian besar yaitu akad transaksi Tabarru dan akad Transaksi Tijarah . Akad Tansaksi Tabarru berupa akad transaksi untuk tujuan tolong-menolong artinya non profit oriented. Akad ini terdiri dari akan transaksi wadiah, Al Qardh, hibbah, tijarah, Hawalah, wakalah, sedangkan yang termasuk dalam operasional bank syariah yang berorientasikan keuntungan/profit oriented meliputi akad transaksi : Mudharabah, Musyarakah, Muzara’ah, Musaqah. Selain ke empat hal di atas Prinsip operasional Tijarah ini  yaitu Prinsip Ba’i (jual beli) dengan berbagai aspeknya

 

III.             TUJUAN INSTRUKSIONAL

Setelah mahasiswa mengikuti Mata kuliah Operasional Bank Syariah, diharapkan dapat memahami Perbadaan yang sangat sigifikan antara Bank Umum Konvensional dengan Bank Umum Syariah. Riba merupakan perbedaan yang sangat mendasar antara kedua jenis bank ini, sehingga diharapkan mahasiswa dapat memahami secara mendalam tentang riba dengan berbagai dampaknya. Selain itu juga diharapkan mahasiswa dapat mengetahui perjalanan sejarah tentang berbagai peradaban bagaimana pandangannya terhadap riba.

 

IV.             METODE PERKULIAHAN

Semua materi Bank Syariah disampaikan dalam bentuk ceramah tatap muka dengan menggunakan media elektronik laptop dan proyektor didalam kelas. Tanya jawab dan akhirnya diakhiri dengan berbagai latihan kasus dan pemecahan masalah. Materi kuliah diberikan secara terstruktur dengan membahas teori dan contoh aplikasi pada setiap sesi materi. Dari setiap materi diambil konklusinya dan dijadikan dasar catatan kuliah dan dimantapkan dengan reading assigment danon the spot thd Bank Syariah.

 

 

V.  SISTEMATIKA PENILAIAN

1.      Nilai akhir (NA) = (10% Kuis + 10% Tugas 1 + 10% Tugas 2) + UTS 35% + UAS 35%

2.      Kehadiran perkuliahan sebagai syarat untuk mengikuti ujian 80%

3.      Bobot penilian:

 

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

 

 

 

VI.              MATERI PERKULIAHAN

 

TABEL MATERI PERKULIAHAN

MINGGU KEGIATAN DOSEN Sumber
1 JUDUL :

1.      Pendahuluan

2.      Perbedaan antar Bank Syariah dan Bank KonvensionalRiba

 

–   Sejarah munculnya bank islam di  Dunia

–   Sejarah perembangan Bank Islam/Syariah di Indonesia

–   Peristilahan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Pengertian Riba dan Permasalahannya

.

2 JUDUL : (LANJUTAN)

1.      Pendahuluan

2.      Perbedaan antar Bank Syariah dan Bank KonvensionalRiba

(LANJUTAN)

 

–   Sejarah munculnya bank islam di  Dunia

–   Sejarah perembangan Bank Islam/Syariah di Indonesia

–   Peristilahan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Pengertian Riba dan Permasalahannya

 

3 JUDUL :

Riba dengan berbagai aspeknya dan pandangan Islam terhadap harta dan ekonomi

–   Pengertian dan jenis riba

–   Dampak riba bagi manusia dan peringatan Allah terhadap pemakan riba.

–   Pandangan riba dari berbagai pandangan

–   Padangan riba menurut Al-Qur’an dan Hadist

–  Padangan Islam terhadap harta dan ekonomi

4 JUDUL : (LANJUTAN)

Riba dengan berbagai aspeknya dan pandangan Islam terhadap harta dan ekonomi

 

–   Pengertian dan jenis riba

–   Dampak riba bagi manusia dan peringatan Allah terhadap pemakan riba.

–   Pandangan riba dari berbagai pandangan

–   Padangan riba menurut Al-Qur’an dan Hadist

–  Padangan Islam terhadap harta dan ekonomi

 

5 JUDUL :

Akad-akad transaksi Tabbaru dan operasionalnya

–   Prinsip dan operasional Al-wadiah manfaat dan mekanisme transaksinya.

–   Prinsip dan operasional Al-Qard  manfaat dan mekanisme transaksinya

–   Prinsip dan operasional Wakalah manfaat dan mekanisme transaksinya

– Prinsip dan operasional Ar-rahn manfaat dan mekanisme transaksinya

 

 

6 JUDUL : (LANJUTAN)

Akad transaksi Tabbaru (Lanjutan)

–   Prinsip dan Operasional Al-Hawalah manfaat dan mekanisme transaksinya

–   Prinsip dan operasional Al-Hibbah manfaat dan mekanisme transaksinya

– Prinsip dan operasional Hadiah manfaat dan mekanisme transaksinya

7 JUDUL :

Prinsip dan Operasional Akad Transaksi Tijarah dengan berbagai aspeknya

–   Prinsip dan Operasional Al-Mudharabah

–   Manfaat Al-Mudharabah

–   Prinsip dan operasional Muzara’ah manfaat dan mekanisme transaksinya.

– Prinsip dan operasional Musaqah manfaat dan mkanisme transaksinya

8 UTS
9 JUDUL :

Prinsip dan operasional Akad Transaski Tijarah dengan berbagai aspeknya (Lanjutan)

Prinsip dan operasional Al-Musyaarakah beserta manfaat dan mekanisme transaksinya

Musyarakah Akad

Musyarakah Muwafadhah

Musyaarakah A’mal

 

10 JUDUL : (LANJUTAN)

Prinsip dan operasional Akad Transaski Tijarah dengan berbagai aspeknya (Lanjutan)

Prinsip dan operasional Al-Musyaarakah beserta manfaat dan mekanisme transaksinya

Musyarakah Akad

Musyarakah Muwafadhah

Musyaarakah A’mal

 

 

11 JUDUL :

Akad transaksi Jual Beli Natural Centaintly Contract

–  Pengertian dan jenis Ba’i/Murabahah (Jual Beli)

–   Prinsip dan operasional bai, manfaat dan mekanisme transaksinya

–   Prinsip dan operasional Bai As- salam, manfaat dan mekanisme transaksinya

–  Prinsip dan operasional Bai Al-Istisna, manfaat dan mekanisme transaksinya

12 JUDUL : (LANJUTAN)

Akad transaksi Jual Beli Natural Centaintly Contract

 

–  Pengertian dan jenis Ba’i/Murabahah (Jual Beli)

–   Prinsip dan operasional bai, manfaat dan mekanisme transaksinya

–   Prinsip dan operasional Bai As- salam, manfaat dan mekanisme transaksinya

–  Prinsip dan operasional Bai Al-Istisna, manfaat dan mekanisme transaksinya

 

 

13 JUDUL :

Manajemen Operasional Pembiayaan Bank Syariah

 

–   Prinsip Pembiayaan bank Syariah

–   Unsur-unsur Pembiayaan bank syariah

–   Proses Pembiayaan Bank Syariah

 

 

14 JUDUL :

Risiko-risiko Bank Syariah

–  Pengertian dan Resiko pengelolaan bank syariah

–  Jenis-jenis resio operasional bank syariah

–  Upaya Bank memperkecil risiko

U A S

 

 

BUKU/BACAAN WAJIB :

–     Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah, Zainul Arifin, Alvabet, 2002

1.      Sistem dan Prosedur Operasional bank Syariah, Muhammad, UII Press, 2001

2.      Bank Syariah Suatu Pengenalan Umum, Syafii Antonio, Tazkia Institute, 2000

3.      Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah, Sunarto Zulkifli, Zikrul Hakim, 2003

 

BUKU/BACAAN ANJURAN :

–    Memahami Bank Syariah, Lingkup, Peluang Tantangan dan Prspek, Zainul Arifin, Alvabet, 2000

–    Manajemen Dana Bank Syariah, Muhammad, Ekonisia, 2004

–    Fikih Ekonomi Keuangan Islam, Prof. DR. Abdullah Al-Mushlih & Prof. DR. Shalah Ash-Shawi, Darul Hak, 2004

–    Asas-asas Perbankan Islam dan Lembaga-lembaga terkait, Warkum Sumitro, SH, MH., Raja Grafindo Perkasa, 2002

–    UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas UU No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan

 

Media yang diperlukan mahasiswa :

1.      Buku Acuan

2.      Buku Catatan

 

 

SILABUS

 

 

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah : Praktikum Manajemen perkreditan
Kredit : 2  SKS
Semester : V (Ganjil)
Tingkat : III
Program Studi : D III
Jurusan : Keuangan & Perbankan

 

 

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Praktikum Manajemen Perkreditan adalah mata kuliah yang membahas tentang pengelolaan proses pelaksanaan perkreditan di perbankan. Yaitu membahas tentang praktek perencanaan kredit, Analisa Pemberian kredit, Administrasi Kredit dan pengawasan Kredit.

 

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mhasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami secara langsung proses pengelolaan perkreditan dimulai dari perencanaan kredit, analisa kredit administrasi kredit dan pengawasan kredit.

 

  1. METODE PERKULIAHAN

Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah ceramah, praktrk dan tanya Jawab.serta penyelesain kasus.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN

 

  • Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS
  • Bobot Penilaian

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu ke Materi Perkuliahan Referensi
1. Pendahuluan

  • Definisi Kredit
  • Unsur-unsur Kredit
  • Manfaat Perkreditan
  • Fungsi Kredit

·         Struktur Modal dan Kebijakan Perusahaan

2. Jenis-jenis dan Prosedur Kredit ;

  • Jenis – jenis  kredit

·         Prosedur Dalam Pemberian Kredit

BW Bab 2

BA bab 1

3. Administrasi Kredit

·      Pengertian Administrasi Kredit

·      Manfaat Administrasi Kredit

·      Komponen Administrasi Kredit

·     Tahapan Pelaksanaan Administrasi Kredit

BW Bab 2

BA Bab 2

4. Latihan soal Pengisian Formulir Permohonan Kredit BW Bab 3

BA Bab 3

5. Lanjutan Latihan  pengisian Formulir :

·         Latihan soal Pengisian Formulir  Permohonan Kredit Konsumtif

BW Bab 3

BA  Bab 3

6. Lanjutan Latihan  pengisian Formulir ;

·         Latihan soal Pengisian Formulir  Permohonan Kredit Perdagangan

BW Bab 3

 

7. Quis :

·         Soal-soal kasus  Permohonan Kredit Konsumtif dan Kredit Perdagangan

BW Bab 3
8. UJIAN TENGAH SEMESTER
9. Analisis Pemberian Kredit

  • Analisis Perbankan dalam persoalan kredit
  • Analisis Kelayakan Kredit
  • Persiapan Analisa Pemberian Kredit

·         Penilaian Kredit

BW Bab 4
10. Latihan  pengisian Formulir :

·         Latihan soal Pengisian Formulir  Analisa Pemberian Kredit

BW Bab 4
11. Latihan  pengisian Formulir :

·         Latihan soal Pengisian Formulir  Analisa Pemberian Kredit

BW Bab 4
12 Perhitungan Bunga Kredit :

  • Definisi Bunga
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi suku bunga kredit
  • Komponen-komponen dalam menentukan Bunga Kredit
  • Jenis – jenis Pembebanan Bunga Kredit

·         Perhitungan Bunga Kredit

13. Lanjutan Perhitungan Bunga Kredit :

·         Latihan soal Pengisian Formulir  Perhitungan Bunga  Kredit

BW Bab 4
14. Pengawasan Kredit :

·         Pengertian Pengawasan Kredit

·         Tujuan/sasaran Pengawasan Kredit

·         Ruang lingkup Pengawasan

·         Tanggungjawab  Pelaksanaan Pengawasan

·         Teknik Pengawasan Kredit

·         Aspek-aspek Pengawasan Kredit

 

BW Bab 4
15. Quis :

·         Soal-soal kasus  Perhitungan Bunga Kredit

16. Ujian Akhir Semester

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

REFERENSI:

  1. Buku Wajib : 1. Teguh Pudjo Mulyono, Manajemen Perkreditan bagi Bank Komersial, 1994

2.Buku Acuan    : 1. Drs.Ruddy Tri Santoso,MM, manajemen Perkreditan

  1. Kasmir,SE.,MM, manajemen perkreditan

 

VIII.    MEDIA YANG DIPERLUKAN PESERTA KULIAH

1..Modul, buku Wajib

  1. Buku latihan

 

SILABUS

 

 

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah : Sistem Informasi Keuangan berbasis IT
Kredit : 3  SKS
Semester : V (Ganjil)
Tingkat : III
Program Studi : D III
Jurusan : Keuangan & Perbankan

 

 

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Sistem Informasi keuangan  Berbasis komputer adalah mata kuliah yang mempelajari proses perencanaan, pembentukan, pemgumpulan data serta memprosesnya melalui rancangan sistem informasi keuangan.. Dalam pembentukan sistem ini didukung dengan penggunaan tekhnologi sehingga manajer keuangan  sebagai pembuat keputusan lebih dapat terbantu

 

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL

Dengan mengikuti mata kuliah Sistem informasi keuangan, diharapkan mahasiswa akan dapat mengetahui permasalahan perencanaan, penyusunan, dan evaluasi yang dilakukan dalam aktivitas pembuatan SIK pada umumnya, sehingga nantinya diharapkan mahasiswa dapat mengetahui bagaimana kinerja sebuah sistem informasi dalam memudahkan bagian keuangan untuk menyusun laporan keuangan..

 

  1. METODE PERKULIAHAN

Materi kuliah Sistem Informasi keuangan diberikan dalam bentuk ceramah tatap muka dan tanya jawab serta simulasi rancangan pembuatan sistem di dalam kelas.. Tugas akan dinilai bersamaan dengan performa masing-masing kelompok mahasiswa dalam persentasi sistem yang dibuat di depan kelas.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN

 

  • Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS
  • Bobot Penilaian

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44
  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu ke Materi Perkuliahan Referensi
1. JUDUL

·         PENGENALAN dan PENDAHULUAN

·         Gambaran Umum SIK

 

a.    Pengertian awal Konsep-konsep sistem

b.    Definisi system informasi Keuangan

c.    Mengetahui elemen-elemen sistem informasi keuangan berbasis computer.

d.    Mengenal jenis-jenis spesialisasi informasi

e.    Pandangan umum tentang SIK berbasis komputer

 

2. JUDUL

Sistem Informasi keuangan umum

 

a.    Cara bekerja SIK

b.    Mengembangkan informasi keuangan

 

BW

BA

3. Laporan keuangan ;

a.    Sistem bekerjanya laporan keuangan

b.    Proses pelaporan keuangan

c.    Tujuan laporan keuangan

 

BW

BA

4. Bagian-bagian dari sistem informasi keuangan

 

a.    Sistem akunting internal

b.    Sistem pelaporan keuangan

c.    Sistem ilmu manajemen keuangan

 

 

BW

BA

5. Elemen-elemen SIK berbasis computer

 

a.    Proses input (data gabungan perniagaan)

b.    Feedback perusahaan (, financial)

c.    Output (Profitabilitas)

BW

BA

6. Aneka macam masalah sehubungan dengan digunakannya system informasi keuangan.

 

a.    Integrasi antara subsistem

b.    Hububungan antara analis sistem dan user

 

 

BW

 

7. Sumber-sumber data SIK

 

a.    Jumlah persedian

b.    Alokasi biaya

c.    Tagihan, dan hutang

 

BW
8. UJIAN TENGAH SEMESTER
9. Tahapan sistem SIK dengan menggunakan data base

 

  1. Sistem Penyimpanan dan pengeluaran informasi
  2. System monitoring
  3. System analitikal

 

BW
10. Informasi keuangan dan keputusan keuangan

  1. Pengantar
  2. Pengambilan keputusan berlandaskan intuisi
  3. Pengambilan keputusan informasi

 

BW
11. Komponen-komponen SIK berbasis komputer

 

a.    Bank data

b.    Bank Statistik

c.    Bank Model.

 

 

 

BW
12 Output informasi keuangan berdasarkan data base

 

  1. Informasi tentang arus kas
  2. Informasi tentang hutang
  3. Informasi tentang persediaan

 

13. Data operasi sebagai sumber internal bagi informasi keuangan

 

Simulasi daftar rugi laba dan neraca

BW
14. Presentasi kelompok

 

Rancangan system informasi keuangan  berbasis computer secara kelompok.

 

BW
15. Review Materi akhir menjelang Ujian akhir Semester

 

a.    Review materi SIK

 

16. Ujian Akhir Semester

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

REFERENSI:

  1. Buku Wajib : 1. Sistem-sistem Informasi Keuangan
  2. Manajemen Keuangan

 

VIII.    MEDIA YANG DIPERLUKAN PESERTA KULIAH

1.Buku Wajib

  1. Buku latihan
  2. komputer

 

 

SILABUS

 

 

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah : Aspek Hukum dalam Bank
Kredit : 2 SKS
Semester : V (Ganjil)
Tingkat : III
Program Studi : D III
Jurusan : Keuangan & Perbankan

 

 

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas tentang aspek-aspek hukum    lembaga keuangan yang penting dalam kegiatan bisnis.

 

 

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL

Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa akan dapat mengetahui dan  dapat menjelaskan aspek-aspek hukum    lembaga keuangan yang penting dalam kegiatan bisnis.

 

 

  1. METODE PERKULIAHAN

Metode yang diberikan dalam bentuk ceramah tatap muka dan tanya jawab serta diskusi mengenai kasus yang berhubungan dengan masalah2 hukum di dalam bisnis khususnya perbankan.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN

 

  • Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS
  • Bobot Penilaian

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

 

 

 

  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu ke Materi Perkuliahan Referensi
1. PENGANTAR UMUM TTG HUKUM

a.        Pengertian Hukum dan Tujuan Hukum

b.       Pengertian Ekonomi dan Bisnis

c.        Pengertian Hukum Ekonomi dan Hukum Bisnis

d.       Sumber Hukum Bisnis

e.        Pengertian Subyek, Obyek, Kejadian/ Peristiwa, Perbuatan dan Hubungan Hukum

f.        Prinsip-prinsip Umum dalam Hukum

 

Ref. No.: 16, 23

 

2. HUKUM  PERJANJIAN (KONTRAK BISNIS)

a.       Pengertian Perjanjian

b.      Subyek dan Obyek Perjanjian

c.       Azas-azas dalam Hukum Perjanjian

d.      Syarat-syarat Syahnya Perjanjian

e.       Bentuk-Bentuk Perjanjian

f.        Penyusunan Perjanjian/ Anatomi Kontrak

g.      Wanprestasi (Ingkar Janji)

 

Ref. No.: 16, 23
3. ASPEK HUKUM BADAN-BADAN USAHA

a.       Usaha Swasta

1) Perusahaan Perorangan

2) Persekutuan Perdata

3) Firma (Fa)

4) CV (Commanditaire Vennottschap)

5) Perseroan Terbatas (PT)

6) Koperasi

 

Ref. No.: 1, 16, 23
4. ASPEK HUKUM BADAN-BADAN USAHA

 

a.Usaha Negara (Pengertian, Pengaturan, Pendirian, Klasifikasi)

b.      Legalitas Usaha / Lembaga Perizinan

c.       Pembukuan dan Wajib Daftar Perusahaan

Restrukturisasi Perusahaan (Merger, Akuisisi dan Konsolidasi)

Ref. No.: 1, 16, 23
5. HUKUM PERBANKAN

a.       Pegertian & Sejarah Bank

b.      Pengaturan Perbankan

c.       Jenis-jenis Bank

d.      Pendirian  dan Likuidasi Bank

e.       Kegiatan Usaha Bank

 

6. HUKUM PERBANKAN

 

a.       Aspek Hukum Perkreditan

  1. Aspek Hukum Perbankan Syari’ah

Aspek Hukum Kebanksentralan (Bank Indonesia

7. ASPEK HUKUM LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN

a.    Pengertian & Sejarah LPS

b.    Funsgi LPS

c.    Tugas LPS

d.    Wewenang LPS

 

8. UJIAN TENGAH SEMESTER
9. HUKUM SURAT-SURAT BERHARGA

a.       Pengertian Surat Berharga dan Surat yang Berharga

b.      Wesel

c.       Cek dan Bilyet Giro (B/G)

d.      Surat Sanggup

e.       Kuitansi

f.        Commercial Paper dan Obligasi

 

10. HUKUM JAMINAN

a.       Pengertian Hukum Jaminan

b.      Penggolongan Jaminan Hutang

c.       Borgtoch

d.      Gadai

e.       Jaminan Fidusia (Pengertian, Pembebanan, Pendaftaran, Hak Preferensi, Pengalihan dan Hapusnya Fidusia)

f.        Hak Tanggungan (Obyek dan Subyek HT, Pengikatan, Hak Previlege, Penghapusan HT, Eksekusi HT)

g.      Hipotik

 

11. HUKUM ASURANSI

a.       Pengertian Asuransi

b.      Pengaturan Asuransi

c.       Perusahaan Asuransi

d.      Kegiatan Usaha Asuransi

e.       Perjanjian Asuransi

f.        Polis

 

 

12 ASPEK HUKUM LEMBAGA PEMBIAYAAN

a.       Pengertian dan Pengaturan

b.      Pembiayaan Konsumen

c.       Anjak Piautang

d.      Leasing

e.       Modal Ventura

 

13. TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG

a.       Pengertian dan Pengaturan

b.      Proses Pencucian Uang

c.       Sanksi Tindak Pidana Pencucian Uang

d.      Kewajiban Penyedia Jasa Keuangan

e.       Peranan PPATK

f.        Perlindungan Pelapor & Saksi

 

14. PENYELESAIAN SENGKETA BISNIS (ALTERNATIF DISPUTE RESOLUTION (ADR) DAN ARBITRASE)

a.       Pengertian Penyelesaian Sengketa Bisnis di Luar Pengadilan

b.      Negosiasi dan Mediasi

 

15. c.       Arbitrase

1) Pengertian Arbitrase

2) Dasar Hukum dan Alasan Memilih

Lembaga Arbitrase

3) Bentuk-bentuk Klausula dalam Perjanjian

Arbitrase

4) Bentuk-bentuk Arbitrase

5) Eksekusi Putusan Arbitrase dalam Negeri dan Arbitrase Asing

 

16. Ujian Akhir Semester

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

REFERENSI:

 

  1. Abdul Kadir Muhammad, 1996, Hukum Perseroan Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung.
  2. ——————————- , 1993, Hukum Dagang tentang Surat-Surat Berharga, Citra Aditya Bakti, Bandung.
  3. Agnes Toer dkk, 1995, Arbitrase di Indonesia, Ghalia, Jakarta.
  4. Emi Pangaribuan, 1987, Hukum Pertanggungan (Asuransi), FH-UGM, Yogyakarta.
  5. Purwosutjipto,1992, Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia, Jilid 1-8, Djambatan, Jakarta.
  6. Hartono Hadi Suprapto, 1991, Kredit Berdokumen, Liberty, Yogyakarta.
  7. Muhammad Djumhana, 1995, Hukum Perbankan Di Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung.
  8. Munir Fuady, 1996, Hukum Bisnis Jilid 1-3, Citra Aditya Bakti, Bandung.
  9. ——————, 2000, Jaminan Fidusia, Citra Aditya Bakti, Bandung.
  10. Richard Burton Simatupang, 1996, Aspek Hukum Dalam Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta.
  11. Sanusi Bintang & Dahlan, 2000, Pokok-Pokok Hukum Ekonomi dan Bisnis, Citra Aditya Bakti, Bandung.
  12. Sudargo Gautama, 1991, Hukum Dagang dan Arbitrase Internasional, Citra Aditya Bakti, Bandung.
  13. Sutantyo R. Hadikusumo, Sumantoro, 1991, Pengertian Pokok Hukum Perusahaan, Rajawali Press, Jakarta.
  14. Suparman Sastra Wijaya, 1997, Aspek-aspek Hukum Asuransi dan Surat-surat Berharga, Alumni, Bandung.
  15. Subekti, 1995, Aneka Perjanjian, Citra Aditya Bakti, Bandung.

 

 

 

 

SILABUS

 

 

  1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah : Metodologi penelitian
Kredit : 3 SKS
Semester : V (Ganjil)
Tingkat : III
Program Studi : D III
Jurusan : Keuangan & Perbankan

 

 

 

  1. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas metodologi dalam menyusun karya ilmiah berupa Tugas Akhir.

 

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL

Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa akan dapat mengetahui dan menyusun Tugas Akhir dengan sisitimatika yang sesuai dengan sebuah karya ilmiah.

 

  1. METODE PERKULIAHAN

Metode yang diberikan dalam bentuk ceramah tatap muka dan tanya jawab serta diskusi mengenai kasus yang berhubungan dengan masalah2 yang akan diteliti dalam Tugas Akhir.

 

  1. SISTEMATIKA PENILAIAN

 

  • Nilai Akhir (NA) = 10% Absen + 10% Quiz + 10% Tugas + 30% UTS + 40% UAS
  • Bobot Penilaian

 

INDEKS NILAI
A 80 Í NA
B 68 Í NA Í 79
C 55 Í NA Í 67
D 45 Í NA Í 54
E 0   Í NA Í 44

 

 

 

 

 

 

 

  1. MATERI PERKULIAHAN

 

Minggu ke Materi Perkuliahan Referensi
1. Penjelasan Silabus

(Introduction Overview)

Definisi  Metode Penelitian, Penelitian Ilmiah dan

Berpikir Ilmiah

– Manfaat Penelitian

– Keterkaitan dan Pentingnya Metode Penelitian

 

Uma Sekaran, ch. 2
2. – Teknologi Komputer dan

Penelitian Binis :

– Jenis dan Macam Penelitian

– Proses Penelitian

– Macam-Macam Data Penelitian

– Ruang Lingkup Penelitian

– Penggunaan Program-Program Komputer

 

 

Uma Sekaran, ch. 3
3. Pemetaan Masalah Penelitian

Pencarian Informasi Masalah

– Sumber Masalah

– Identifikasi Masalah

– Perumusan Masalah yang Baik

 

 

Uma Sekaran, ch. 4
4. Konsep Teori, Variabel Penelitian dan Hipotesis

Deskripsi Teori

– Kerangka Berfikir

– Pengertian Variabel

– Jenis Variabel

– Perbedaan Variabel

– Perumusan Hipotesis

– Karakteristik Hipotesis yang Baik

– Hubungan antara Teori, Hipotesis dan Penelitian

 

Uma Sekaran, ch. 5
5. Desain Penelitian

– Eksploratori

– Deskriptif

– Verifikatif

– Studi Kasus

– Survai

Uma Sekaran, ch. 6
6. Penelitian Eksperimen

– Difinisi Penelitian Eksperimen

– Bentuk-Bentuk Desain Eksperimen

– Pre-Eksperimen Design

– True Eksperimen Design

– Factorial Design

– Quasi Eksperimen Design

 

Uma Sekaran, ch. 7
7. Pengukuran Variabel Penelitian

– Tata Cara Pengukuran Variabel Penelitian

– Jenis Ukuran variabel Penelitian:

– Nominal

– Ordinal

– Interval

– Rasio

Uma Sekaran, ch. 8
8. UJIAN TENGAH SEMESTER
9. Pengukuran Skala Validitas dan  Reliabilitas Data

– Macam-Macam Skala Penelitian

– Skala Likert

– Skala Guttman

– Semantik Diferensial

– Rating skala

– Instrumen Penelitian dan Cara Penyusunannya

– Validitas dan Reliabilitas Instrumen

– Pengujian Validitas dan Reliabilitas Instrumen

 

Uma Sekaran, ch. 9
10. Metode Pengumpulan Data

– Rating Skala

– Interview

– Kuesioner

– Observasi

 

Uma Sekaran, ch. 10
11. Teknik Sampling

– Populasi

– Sampel

– Sampling

– Random Sampling

– Non Random Sampling

– Menetapkan Besar Sampel

 

 

Uma Sekaran, ch. 11
12 Analisis Data dan Interpretasi

– Statistik Deskriptif dan Inferensial

– Editing Data, Coding, Categorization, Entering Data

– Uji Validitas dan reliabilitas

– Uji Hipotesis

 

 

Uma Sekaran, ch. 12
13. Contoh Aplikasi Analisis Data dan Pengujian Hipotesis

– Rumus Pearson Product Moment

– Rumus Sperman Rho

– Rumus Koefisien Kontingensi

– Rumus Perhitungan Korelasi Berbeda-Beda

– Koefisien Determinasi

– Regresi Berganda (Multiple Regression)

– Kesamaan dan Perbedaan Penelitian Kausal-Komperatif dengan Penelitian Korelasional dan Eksperimental

 

Sugiono

Uma Sekaran

14. Menyusun Rancangan Penelitian

Latar Belakang Penelitian

– Identifikasi Masalah

– Rumusan Masalah

– Tujuan Penelitian

– Kegunaan Hasil Penelitian

– Kerangka Pemikiran dan Hipotesis

– Metode Penelitian

 

Sistematika Unikom
15. Menyusun Rancangan Penelitian

Berbentuk Usulan penelitian

Uma Sekaran, ch. 13
16. Ujian Akhir Semester

 

VII.     PUSTAKA ACUAN

REFERENSI:

 

  1. Sugiono, Dr.2002 .Metode Penelitian Bisnis
  2. Uma Sekaran

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

  1. IDENTITAS MATA KULIAH
  1. Nama Mata Kuliah      :  ANIMASI
  2. Jurusan                        : Keuangan & Perbankan
  3. Semester                      : Ganjil
  4. Bobot SKS                  : 2 SKS

 

 

  1. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

 

SetelahmenyelesaikanmatakuliahAnimasi, mahasiswaakandapatmeningkatkanPengetahuan di bidang animasi, memperluaspemahaman, menambahwawasandi bidang animasi.

 

  • TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

 

SetelahmenyelesaikanmatakuliahAnimasi, mahasiswadapatmembuat animasi dasar dengan software 3D blender, memahami konsep modeling dengan baik, dan memahami prinsip-prinsip animasi.

 

  1. METODE PERKULIAHAN

 

  1. Praktikumdantanyajawab
  2. Quiz
  3. Tugas
  4. Diskusi

 

 

  1. NILAI AKHIR

 

NA = 10 % KEHADIRAN + 25 % TUGAS + 25 % UTS + 40 % UAS (PROPOSAL BISNIS)

 

NILAI INDEKS PREDIKAT
80≤NA≤100 A Lulus, sangatbaik
68≤NA≤79 B Lulus, baik
56≤NA≤67 C Lulus, cukup
45≤NA≤55 D Lulus, kurang
0≤NA≤44 E Tidak lulus

 

 

 

 

SILABUS

MATA KULIAH :ANIMASI

 

PertemuanKe Materi
1. Pengertian Animasi,Sejarah Animasi,Jenis Animasi, Fungsi Animasi,Contoh Animasi ,Alur produksi Animasi (animationpipeline).
2. Pengatar Penulisan Skenario, 6 Tahapan Pembuatan Cerita, Deskripsi Karakter, Alur, Plot dan Setting, Teknis Penulisan Skenario, Struktur 3 Babak (Three Act Structure).
3. Interface 3D blender
4. Modeling Basic 1 : Pemahaman tentang tipeseleksidan tools apasaja yang digunakanpada proses modeling danpenerapannya pada modeling sederhana seperti meja & kursi.
5. Modeling basic 2 : Memahami danmembuat model organik/ buah buahan sesuaigambarrancanganataugambarreferensi .
6. Modeling basic 3 : Memahami danmembuat model rumah / arsitektur sederhana sesuaigambarrancanganataugambarreferensi .
7. Rigging dasar 1
8. UTS
9. Riging dasar 2
10. Animasi 1 : Membuat animasi dasar dengan 3d Blender
11. Animasi 2 :  Bounching Ball
12. Animasi 3 : Pendulum
13. Lighting & shading
14. Rendering
15. Compositing
16. UAS

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    1

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                                   : Setelah menyelesaikan matakuliah Pengenalan Animasi, mahasiswa diharapkan dapat memahami sejarah animasi dan pipeline dari sebuah proses produksi animasi dari mulai tahap Pre produksi sampai post produksi.

 

  1. POKOK BAHASAN :   Pengenalan Animasi

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengertian Animasi

– Sejarah Animasi

– Jenis Animasi

– Fungsi Animasi

– Contoh Animasi

– Alur produksi Animasi (animation pipeline)

 

 

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.    Menjelaskan kepada mahasiswa apa yang akan dipelajari selama perkuliahan Animasi I Mendengarkan Big Screen 15 BAB I Modul Animasi
Penyajian 2.    Menjelaskan kepada mahasiswa pengertian animasi

3.    Mnjelaskan kepada mahasiswa sejarah animasi

4.    Menjelaskan kepada mahasiswa jenis animasi

5.    Menejelaskan kepada mahasiswa fungsi animasi.

6.    Menjelaskan kepada mahasiswa contoh animasi.

7.    Menjelaskan kepada mahasiswa alur produksi animasi.

Mendengarkan Big Screen 65
Penutup 8.    Menyimpulkan materi perkuliahan yang disampaikan dan praktikum yang dilakukan.

9.    Bertanya-jawab tentang pengenalan animasi

10.                 Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

Mendengarkan dan berkomentar/bertanya Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Sebutkan dan jelaskan proses pembuatan animasi

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    2

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                                         :  Setelah menyelesaikan matakuliah Animasi, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar pembuatan cerita, skenario dan deskripsi karakter.

 

  1. POKOK BAHASAN             :  PenulisanSkenario (Scriptwriting)

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengatar Penulisan Skenario

– 6 Tahapan Pembuatan Cerita

– Deskripsi Karakter

– Alur, Plot dan Setting

– Teknis Penulisan Skenario

– Struktur 3 Babak (Three Act Structure)

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.   Menjelaskanpengantar penulisan skenario dan fungsi skenario dalam pembuatan animasi.  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 2 Modul animasi
Penyajian 2.   Menjelaskan6 Tahapan Pembuatan Cerita.

3.   MenjelaskanDeskripsi Karakter.

4.   MenjelaskanAlur, Plot dan Setting.

5.   MenjelaskanTeknis Penulisan Skenario.

6.   MenjelaskanStruktur 3 Babak.

7.   Sekilas tentang Storyboard.

 

Mendengarkan

Menonton Video

Big Screen 70
Penutup 8.   Menyimpulkanmekanisme pembuatan cerita dan skenario.

9.      Bertanya-jawab tentang penulisan skenario.

10.  Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang.

 

Mendengarkan

Berdiskusi

Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Buatlah satu buah cerita lengkap dengan deskripsi karakter (tonjolkan 1 karakter saja) yang ada dalam cerita tersebut!

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    3

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  SetelahmenyelesaikanmatakuliahAnimasi , Mahasiswa dapat memahami proses pembuatan animasi.

 

  1. POKOK BAHASAN : Interface

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengenalan Software Blender

– Jendela Kerja

– Tools

– Sistem Navigasi

– Memasukan Objek pada jendela kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

 

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskan kepada mahasiswa mengenai software Blender 3D Mendengarkan Big Screen 10 Bab 3 Modul animasi
Penyajian 2.    Menjelaskan kepada mahasiswa, jendela kerja pada blender

3.    Menjelaskan kepada mahasiswa, tools yang ada di dalam sofware Blender.

4.    Menjelaskan kepada mahasiswa, sistem navigasi pada software blender

5.    Menjelaskan kepada mahasiswa cara memasukan objek pada jendela kerja.

Mendengarkan dan Praktek Big Screen 70
Penutup 6.    Menyimpulkan materi perkuliahan yang disampaikan dan praktikum yang dilakukan.

7.    Bertanya-jawab tentang pengenalan Interface

8.    Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

Mendengarkan dan berkomentar/bertanya Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Mahasiswa memahami cara kerja software blender.

 

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    4

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah modeling basic I, mahasiswa diharapkan dapat mengerti tentang pembuatan model sederhana pada proses animasi.

 

  1. POKOK BAHASAN :   modeling basic I

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

 

 

– Pemahaman tentang tipeseleksi yang digunakan untuk proses modeling.

– Pemahaman tentang tools untuk memodifikasi sebuah objek pada proses modeling

– Membuat model sederhana

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan
  1. Menjelaskan cakupan materi modeling basic
 

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 4 Modul Animasi
Penyajian 2.      Menjelaskantentang modeling basic

3.      MenjelaskantentangTipeseleksiapasaja yang adapadasaat modeling sepertivertex,edgedan Face

4.      Menjelaskantentang tools yang paling seringdigunakanpadasaat modeling sepertiextrude, loop cut and slide.

5.      Membuat modeling mejadankursisederhana.

6.      Memahami bentuk dasar sebelum proses modeling

o   Memulai proses modeling meja, dimulaidarimenskalacube .

o   Selanjutnyamasukketahapan Edit mode danmemberikan loop cut and slide lalumeng extrude setiap face yang akanmenjadi kaki meja..

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 7.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

8.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

9.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Buatlah sebuah kursi dengan sandaran yang sesuai dengan gambar referensi.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    5

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                                         :  Setelah menyelesaikan matakuliah modeling dasar2, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan modelingnya dengan mempelajari dan memahami bagaimana cara membuat modeling organik seperti buah-buahan.

 

  1. POKOK BAHASAN :   modeling basic 2

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Memahami dan membuat model sesuai gambarran canganatau gambar referensi .

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan
  1. Menjelaskan proses pembuatan model sesuaigambar yang sudahdisediakan
 

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 4 Modul Animasi
Penyajian 2.      Mereviewkembali tools yang telahdipelajarisebelumnyaseperti extrude danloopcutbesertafungsinya.

3.      Membuat modeling organiksepertibuahbuahan.

o   Memahami danmempersiapkangambarreferensi

o   Menjelaskancaramemasukangambarreferensike 3D view agar nantinyabisadipakaisebagaiacuan pad saat modeling.

o   Memulai proses modeling dengancaramenjiplakataumengikutigambarreferensi.

o   menggunakan modifier subdivision surface setelah model selesai agar permukaannyahalusatau smooth.

membuatpresentasisederhana agar tampilan model terlihatlebihbagus.

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 4.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

5.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

6.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akan datang

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Membuat model sesuai gambar referensi yang diberikan.

 

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    6

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                                         : Setelah menyelesaikan matakuliah modeling dasar III, mahasiswa akan memahami dan membuat model bentuk arsitektur sederhana.

 

  1. POKOK BAHASAN : modeling basic III

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Membuat model sesuai dengan perencanaan yang lebih detail lagi .

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskan proses pembuatan model arsitektursederhana  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 4 Modul Animasi
Penyajian 2.      Menyiapkanbahansepertidenahdanreferensitataletaksebuahrumah.

3.      Memulaimembuatrumahsederhanasesuaidenah yang telahdisediakan.

o   Memasukandenah yang telahdisediakanke 3D view

o   Menjelaskantentangsatuan yang akandipakaidandisesuaikandenganukurandenah.

o   Memulaimembuat layout tembokdenganmengikutidenah yang telahdisediakan.

o   MembuatkusenjendeladanPintu

o   Membuatatapbesertagenteng

o   Memberikansentuhanakhirpadarumahdengancaramemberikan lighting..

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 4.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

5.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

6.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

 

  1. EVALUASI

Melanjutkanpembuatanobjek lain disekitarrumahsepertipekarangan, pagardanpohon.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI I

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    7

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Animasi I, membuat rigging sederhana untuk diaplikasikan pada benda.

 

  1. POKOK BAHASAN :    Rigging Dasar

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengenalan rigging

– Konsep dasar rigging

– Membuat rangkaian tulang

– Menempelkan objek pada tulang (Skinning)

– Menggerakan tulang

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskanpengertian dasar rigging

2.    Menjelaskan fungsi rigging

Mendengarkan Big Screen 10 BAB 5 Modul Animasi
Penyajian 3.    Menjelaskan cara membuat rigging

o  Menjelaskan kepada mahasiswa cara memasukan rigging ke jendela kerja.

o  Menjelaskan kepada mahasiswa 3 jenis jendela kerja pada proses rigging Object Mode, Edit Mode dan Pose Mode

o  Menjelaskan penamaan pada rigging.

o  Menjelaskan tools dan istilah yang digunakan pada proses rigging

o  Menjelaskan proses editing pada rigging.

4.      Menjelaskan proses skinning

o  Menjelaskan Relasi antara tulang dengan objek.

o  Menjelaskan cara merekatkan objek pada tulang dengan cara “Automatic Weights” dan “Bone”

5.      Menjelaskan penggunaan rigging pada karakter dan objek sederhana.

Mendengarkan dan Praktek Big Screen dan Komputer Lab 70
Penutup 6.    Menyimpulkan materi perkuliahan yang disampaikan dan praktikum yang dilakukan.

7.    Bertanya-jawab tentang proses rigging

8.    Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

Mendengarkan dan berkomentar/bertanya Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Buatlah rigging sederhana yang diaplikasikan pada objek atau karakter sederhana.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    8

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Animasi I, mahasiswa dapat menggunakan tulang Human (Meta-Rig) untuk diaplikasikan pada karakter sederhana.

 

  1. POKOK BAHASAN : Rigging Dasar II

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pengenalan Human (Meta-Rig)

– Merubah bentuk rigging Meta-Rig yang disesuaikan dengan karakter.

– Mengaplikasikan Meta-Rig pada karakter

– Memahami tools dan fungsi tulang pada Meta-RIg

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskan fungsi rigging Human (Meta-Rig) Mendengarkan Big Screen 10 BAB 5 Modul Animasi
Penyajian 2.    Menjelaskan cara mengaplikasikan Meta-Rig pada karakter.

o  Menjelaskan kepada mahasiswa cara memasukan rigging Human (Meta-Rig) ke jendela kerja.

o  Menjelaskan kepada mahasiswa proses penyesuaian Meta-Rig dengan karakter.

3.      Menjelaskan proses skinning

o  Menjelaskan cara Generate pada Meta-Rig.

o  Menjelaskan proses skinning objek dengan Meta-Rig

4.      Menjelaskan penggunaan Meta-Rig pada karakter.

o  Menjelaskan tools dan fungsi pada Meta-Rig.

Mendengarkan dan Praktek Big Screen dan Komputer Lab 70
Penutup 5.    Menyimpulkan materi perkuliahan yang disampaikan dan praktikum yang dilakukan.

6.    Bertanya-jawab tentang proses rigging menggunakan Meta-Rig

7.    Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

Mendengarkan dan berkomentar/bertanya Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Mengaplikasikan Rigging Meta-Rig pada karakter sederhana.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    9

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Membuat animasi dasar dengan 3D Blender, mahasiswa diharapkan dapat memahami 12 prinsip animasi dan praktikum asar pembuatan animasi dasar dengan software 3D blender

 

  1. POKOK BAHASAN : Membuat animasi dasar dengan 3d Blender

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– 12 Prinsip animasi

– Membuat animasi dasar dengan 3D Blender dengan perintah lokasi, skala dan rotasi.

– Membuat animasi objek otomatis dengan 3d blender

– Mengenal Dope sheet dan action editor pada 3d blender

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

 

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskan cakupan materi Pengenalan animasi  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 6 Modul Animasi
Penyajian 2.   Menjelaskan 12 Prinsip Animasi

3.   Menjelaskan proses pembuatan animasi dasar 3D Blender dengan perintah location, Rotation dan Scale.

4.   Menjelaskan proses animasi objek otomatis dengan 3d blender

5.   Menjelaskan fungsi Dope sheet dan action editor pada 3d blender

 

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 6.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

7.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

8.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

 

  1. EVALUASI

Buatlah animasi pergerakan sebuah kubus dari frame 1 sampai dengan frame 100 dengan gabungan lokasi, rotasi dan skala.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    10

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Membuat animasi dasar dengan 3D Blender, mahasiswa diharapkan akan lebih peka terhadap timing dan spacing, juga akan mengerti dengan baik tentang arc, ease in, ease out dan banyak lagi.

 

  1. POKOK BAHASAN : Animasi Bounching Ball

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pemahaman tentang Bounching ball

– Membuat animasi Bounching Ball dengan 3D Blender

 

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.    Menjelaskan cakupan materi Bounching Ball  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 6 Modul Animasi
Penyajian 2.   Menjelaskan pemahaman bounching ball

3.   Membuat animasi bounching ball dengan 3d Blender.

o   Menjelaskan Persiapan layout

o   Menjelaskan proses Membuat keyframe untuk animasi bouncing ball.

o   Menjelaskan Tweaking dengan curve editor dari mulai sumbu x, y, dan z.

 

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 4.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

5.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

6.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

  1. EVALUASI

Buatlah animasi pergerakan sebuah balon yang jatuh ke lantai, perhatikan timing dan berat dari balon tersebut.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :   ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    11

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                                         :  Setelah menyelesaikan matakuliah Animasi, mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan menerapkan salah satu dari 12 prinsip animasi, yaitu follow through dan overlaping.

 

  1. POKOK BAHASAN : Animasi Pendulum

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Pemahaman tentang Animasi Pendulum

– Membuat animasi Pendulum dengan 3D Blender

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.    Menjelaskan cakupan materi Animasi Pendulum  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 6 Modul Animasi
Penyajian 2.   Menjelaskan pemahaman Pendulum

3.   Membuat animasi Pendulum dengan 3d Blender.

o   Menjelaskan Persiapan file & layout

o   Menjelaskan proses Membuat keyframe untuk animasi Pendulum.

o   Menjelaskan tentang pembuatan follow through dan overlaping pada ekor pendulum.

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 4.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

5.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

6.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

  1. EVALUASI

Buatlah animasi pergerakan sebuah platform pendulum dari kanan ke kiri, lalu ke atas dan kemudian berhenti.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    12

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Setelah menyelesaikan matakuliah Lighting mahasiswa diharapkan memahami akan dasar penerapan lighting / proses pencahayaan yang sangat penting pada proses animasi.

 

  1. POKOK BAHASAN : Lighting

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Memahami jenis lampu apa saja yang tersedia pada program Blender 3D dan penerapannya pada setiap scene yang dipakai .

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskantentangteorilighting,sepertijenislampu,kegunaanyadanpenerapannya.  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 7 Modul Animasi
Penyajian 2.      MembahassetiapLampu yang tersediapada program blender 3D..

o   Memahami semua option yang tersedia di masingmasinglampu.

o   mempraktekansetiaplampusesuaikegunanannya

o   mempraktikan point lamp pada scene yang telahdisediakan

o   mempraktikan spot light pada scene yang telahdisediakan.

mempraktikan sun lamp padascne yang telahdisediakan

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 3.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

4.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

5.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

 

  1. EVALUASI

Melanjutkanlatihan yang diberikanpadamahasiswa.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    13

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                 :  Setelah menyelesaikan matakuliah Rendering mahasiswa diharapkan mengerti dan memahami proses apasaja yang ada pada tahapan rendering dan menerapkannya pada pembuatan animasi.

 

  1. POKOK BAHASAN : Rendering

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

– Memahami Option apasaja yang tersediapada Tab Render dan pengaplikasiannya pada scene yang telah di sediakan

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.      Menjelaskantentangteori rendering ,seperti Option dimension, shading dan Output  

Mendengarkan

 

 

Big Screen 10 BAB 8 Modul Animasi
Penyajian 2.   Membahastentang option yang harusdiperhatikansaat proses rendering.

o   memahamitentang render single image dan sequence

o   membahastentang dimension

o   membahastentang Output apasaja yang biasanyadigunakan

o   mempraktekannyapada file latihan

 

Mendengarkan dan praktek Big Screen 70
Penutup 3.   Menyimpulkanmateri perkuliahan yang diajarkan

4.      Bertanya-jawab tentang materi yang telah disampaikan

5.      Memberikangambaranumumtentangmateriperkuliahan yang akandatang

 

Mendengarkan dan tanya jawab Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Melanjutkanlatihan yang diberikanpadamahasiswa.

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

MATA KULIAH                   :    ANIMASI

SKS                                         :    2 SKS (2-0 jam)

WAKTU PERTEMUAN       :    2 X 45 Menit

PERTEMUAN                       :    14

PENANGGUNG JAWAB     :    Robby UL pratama

 

  1. TUJUAN

TIK                       :  Memahamikonsep Compositing

 

  1. POKOK BAHASAN : Compositing

 

  1. SUB POKOK BAHASAN :

–  Konsep

–  Pengenalan Software

–  Compositing Dasar

–  Rendering

 

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA MEDIA & ALAT PENGAJARAN ESTIMASI WAKTU DAFTAR PUSAKA
Pendahuluan 1.    Menjelaskankonsepmelakukan compositing  

Mendengarkandanmenonton video yang termasukkedalam compositing

 

 

Big Screen 20 BAB 9 Modul Animasi
Penyajian 2.   Software yang digunakan

3.   Praktik Compositing Dasar

4.   Praktik Rendering

 

Praktikum Big Screen

Komputer

60
Penutup 5.   Menyimpulkanpenggunaan Compositing

6.   Bertanya-jawab tentang Compositing

 

 

Tanya-jawab Big Screen 10

 

  1. EVALUASI

Jelaskantentangkonsepdan proses compositing danperbedaannyadengan editing